4 Ide Games Kelompok Outdoor Tanpa Alat - Wisata Keluarga

4 Ide Games Kelompok Outdoor Tanpa Alat

Outbound atau kegiatan outdoor lainnya tentunya sangat menyenangkan apalagi dilakukan secara kelompok bersama komunitas atau organisasi wadah pergaulan kita. Kegiatan di luar ruangan menambah kekompakan sesama tim atau kelompok komunitas maupun organisasi. Kegiatan outdoor tentunya menjadi semakin menarik jika diisi dengan kegiatan-kegiatan permainan kelompok yang seru dan menyenangkan.

Permainan seru umumnya mewajibkan Anda harus menyiapkan alat-alat pendukung permainan. Bagi sebagian kalangan permainan outdoor saat outbound dengan sejumlah alat dianggap merepotkan, apalagi jika tujuan permainan hanya sekedar ingin bersenang-senang tanpa ribet. Jika kamu ingin melakukan permainan atau games kelompok outdoor tanpa alat maka daftar permainan tanpa alat berikut bisa menjadi referensi untuk agenda outbound mu bersama komunitasmu.

1 Ular Naga

Permainan ular naga ini tidak memerlukan alat dalam menjalankannya. Permainan ular naga termasuk permainan atau games kelompok outdoor tanpa alat. Permainan ular naga dimainkan oleh dua kelompok atau lebih. Satu kelompok bisa terdiri 5-10 peserta. Semakin banyak peserta dalam satu kelompok, semakin seru game ini dimainkan.

Cara bermain

Anggaplah kita membuat 3 kelompok dengan komposisi masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang. Masing-masing peserta berbaris berjajar hingga mengular pada kelompoknya masing-masing. Masing-masing peserta memegang pinggang dari teman sekelompok yang berdiri di depannya. Peserta paling depan pada tiap kelompok disebut kepala, sedangkan peserta paling belakang disebut ekor. 

Satu orang peserta menjadi juri bisa dibantu beberapa asisten. Ketiga kelompok yang telah dibentuk tadi dibuat berhadapan dengan jarak agak jauh sekitar 3 meter, sehingga masing kepala ular dapat melihat kepala ular lainnya. Juri menginstruksikan waktu permainan dimulai, ketika permainan dimulai. Masing-masing kelompok ular naga memangsa kelompok ular naga lainnya dengan cara menangkap ekor (peserta paling belakang) dari ular naga lawan. 

Kelompok ular naga yang berhasil dimangsa harus keluar dari arena pertandingan. Setiap kali ada kelompok ular naga yang berhasil dimangsa maka permainan dijeda untuk kembali merapikan posisi, kemudian juri memberikan aba-aba untuk tanding ulang bagi kelompok ular naga yang masih bertahan. Pemenang lomba tentunya adalah kelompok ular naga yang berhasil bertahan tanpa dimangsa. 

2. Kata berantai

Permainan kata berantai ini sangat sederhana. Permainan ini tidak membutuhkan alat, hanya membutuhkan ketangkasan dan ingatan para peserta untuk bisa menjadi pemenang permainan. 

Cara bermain

Masing-masing peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan komposisi 5 sampai 7 orang dalam satu kelompok. Seluruh peserta berdiri secara garis lurus dengan jarak masing-masing dua atau tiga meter. Selanjutnya salah satu dari peserta berperan menjadi fasilitator atau pemimpin permainan. Fasilitator membisikkan sebuah kalimat kepada peserta pertama, kemudian peserta pertama melanjutkan apa yang dia dengar kepada peserta di depannya alias peserta kedua, peserta kedua kemudian melakukan hal yang sama kepada peserta ketiga, demikian seterusnya hingga ke peserta terakhir.

Sumber twitter @longorsiha
 Di akhir permainan peserta terakhir diminta menyebutkan dengan suara keras apa yang dia dengar. Pemenang pada permainan ini adalah kelompok yang peserta terakhir menyebutkan kalimat persis seperti yang dibisikkan oleh fasilitator pada peserta pertama. Agar permainan ini semakin seru maka gunakanlah kalimat-kalimat sulit dengan kriteria memiliki kemiripan pengucapan misalnya seperti contoh yang diambil dari situs brainly berikut:

1. Aku terkikik-kikik bersama kakak dan kakekku sampai kuku kaku.
2. Nenek ninik punya nenek yang mirip nenek nya nenek ninik.
3. Kuku kaki kiri kakak tiri kakekku kaku-kaku.
4. Kucing kuningku kencing di laci dekat kunci-kunciku.
5. Tetangga merongrong ngomong ke Bagong kenapa adik Bagong bersuara menggonggong-gonggong bersama kucing mengeong-ngeong?
6. Kekayaan pacar kakaku membuat aku terpaku dan kikuk.
7. Kakatua milik kakak tertua kakekku sama dengan kakatua kakakmu.
8. Cita-cita Cita Citata telah Cita Citata cita-citakan dari dulu.
9. Sempat-sempatnya semut-semut saling senyum-senyum salam-salam dengan semut-semut lain.
10. Urus tikus-tikus kurus yang lari-lari lurus di kardus. 

Permainan kata berantai ini salah satu yang sangat mudah menjalankannya dan tentu saja termasuk pada jenis games kelompok outdoor tanpa alat

3. 7 wow

Permainan 7 wow (red: seven wow) merupakan permainan yang mengasah konsentrasi peserta. Permainan ini termasuk games tanpa alat. Berikut cara bermainnya.

Cara bermain

Seluruh peserta dibuat melingkar dengan posisi saling berjabat tangan. Instruktur berada di dalam lingkarang memberikan penjelasan dan instruksi permainan. Peserta diminta berhitung, kemudian peserta dengan nomor mengandung angka 7 atau kelipatan 7 berteriak wow. Sehingga susunan angka yang dibunyikan peserta terdengar seperti berikut:
1,2,3,4,5,6,wow,8,9,10,11,12,13,wow.

Peserta yang lupa menyebutkan wow dengan ketentuan diatas akan tereliminasi atau dihukum untuk menghibur peserta lainnya. Selanjutnya peserta yang mampu bertahan hingga akhir adalah pemenang dari games tanpa alat ini.

4. Gobak Sodor

Gobak sodor adalah salah satu permainan tradisional di Indonesia permainan ini termasuk games kelompok outdoor tanpa alat. Permainan ini tersebar diseluruh wilayah Indonesia dengan sebutan nama yang berbeda-beda apapun namanya di daerahmu cara bermainnya sama saja. Berikut cara bermain gobak sodor

Sumber twitter @khiee

Cara bermain
Peserta dibagi menjadi dua kelompok, kemudian dilakukan undian untuk menentukan kelompok yang menjadi kelompok penjaga dan kelompok yang bermain. Arena permainan dilakukan pada tanah dengan bentuk persegi panjang yang dibelah garis sehingga membentuk 6 kotak.
Kelompok penjaga berdiri di dalam garis-garis lintasan persegi panjang. 

Peserta yangs sedang bermain berusaha menyeberang dari depan hingga ke belakang kotak permainan. Pemain penjaga berusaha menyentuh peserta yang pemain yang sedang berusaha menyeberang. Pemain yang berhasil disentuh kelompok penjaga akan dianggap gugur. 

Demikin 4 ide games kelompok outdoor tanpa alat yang sangat memungkinkan untuk kamu lakukan saat melangsungkan agenda outbound atau permainan bersama teman, komunitas atau organisasi.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "4 Ide Games Kelompok Outdoor Tanpa Alat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Dapatkan selalu update dari kami

* indicates required