Menapaki Jalur Pendakian Bukit Nanggi Lombok - Wisata Keluarga

Menapaki Jalur Pendakian Bukit Nanggi Lombok

Selalu saja menarik untuk mengeksplorasi hal-hal baru di alam terbuka. Mendaki gunung salah satu pilihan yang bisa kamu lakukan untuk menjelajahi dan menikmati alam. Ada banyak gunung di dunia, Indonesia adalah salah satu negara dengan banyak gunung yang bagus untuk dijelajahi. Pernahkah Anda mendengar tentang Bromo, Rinjani, Semeru, Kerinci, dan Jaya Wijaya? Itulah nama-nama sederet  gunung-gunung yang bisa ditemukan di Indonesia dan sangat terkenal di dunia, dijelajahi oleh banyak orang dari berbagai negara sepanjang tahun.

Bukit Nanggi
Pulau Lombok di mana kita bisa melihat Gunung Rinjani berdiri kokoh. Rinjani bukan satu-satunya jalur pendakian yang ditawarkan Lombok, namun sebenarnya ada beberapa jalur lain untuk trekking. Kita harus mengakui bahwa Gunung Rinjani adalah yang paling populer di antara yang lain dan telah diekspos oleh banyak orang di seluruh dunia namun ada jalur alternatif yang ditawarkan Lombok dan menjadi trending akhir-akhir ini adalah Bukit Nanggi. 

Berikut ini akan diulas hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum mengunjungi jalur pendakian bukit Nanggi Lombok. 

Cari Pemandu Wisata

Ketika kamu ingin memutuskan untuk mendaki Bukit Nanggi, sangat disarankan untuk melakukan perjalanan dengan pemandu. Masyarakat Lombok menawarkan banyak pemandu wisata untuk membantu pendaki mencapai puncak Bukit Nanggi. Setelah berurusan dengan agen tur, kamu dapat mengatur penerbangan ke Lombok dan mengatur titik pertemuan dengan pemandu, biasanya di bandara atau di Kota Mataram. 

Setibanya di bandara Lombok, pemandu akan mengantarmu ke homestay atau hotel di mana kamu dapat menikmati Kota Mataram untuk sementara waktu. Hari berikutnya adalah hari trekking. Bersiaplah untuk berpetualang, perjalanan akan dimulai setelah sarapan pada pukul 8 pagi esok harinya. Persiapkan beberapa makanan, air atau logistik apa pun yang akan dibutuhkan di dalam  tas, yang mana nantinya  akan disantap di puncak Bukit Nanggi. Kamu dapat membeli makanan dan minuman di Mataram, mudah saja untuk menemukan toko ritel di Mataram, dapatkan semua yang kamu butuhkan di hari pertama sebelum hari hiking. 

Jalur pendakian bukit Nanggi

Jika kalian memulai perjalanan sekitar jam 8 sampai 9 pagi dari Mataram maka akan tiba di Desa Sembalun pada siang hari, biasanya pemandu wisata akan menyarankan tim untuk makan siang di restoran atau warung makan terdekat terlebih dahulu sebelum melangkah ke jalur pendakian Bukit Nanggi. Jangan makan terlalu banyak dan hindari makanan pedas agar perut tidak mules karena tidak ada toilet di puncak Bukit Nanggi. 

Jalur pendakian Bukit Nanggi cukup keras dan menantang. Ketinggian Bukit Nanggi adalah 2.300 meter. Dibutuhkan waktu 4 hingga 6 jam untuk mencapai puncak Bukit Nanggi. Pastikan tim anda dapat mencapai puncak sebelum hari mulai gelap, karena pada malam hari akan sangat dingin dan akan lebih sulit untuk mendirikan tenda, sehingga kamu sangat perlu menyiapkan jaket atau kain hangat, ini akan sangat membantu pada malam hari . Kemudian  juga perlu menyiapkan jas hujan di tas sehingga kamu tidak perlu khawatir jika hujan. Waktu terbaik untuk mendaki Bukit Nanggi adalah pada musim kemarau, yaitu sekitar bulan Maret hingga September.

Keindahan Bukit Nanggi

Begitu sampai di puncak Bukit Nanggi, kamu bisa beristirahat sejenak sambil menikmati makanan dan minuman ringan, kemudian menunggu matahari terbenam di balik Gunung Rinjani, ya kita bisa melihat Gunung Rinjani dari puncak Bukit Nanggi. Kamu akan menemukan banyak rombongan pendaki dengan tenda dan bermalam di puncak Bukit Nanggi.

Sebenarnya Bukit Nanggi tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah dari atas tetapi juga memberikan lebih banyak dari awal hingga akhir trekking dan dari bawah ke atas. Kamu pasti lelah tapi percayalah itu akan terbayar. Pemandangan indah Desa Sembalun dan Gunung Rinjani di sisi barat adalah pemandangan paling favorit untuk momen matahari terbenam.

Tidak berhenti sampai disitu saja, momen epik berikutnya adalah keesokan harinya saat matahari terbit di pagi hari. Jadi kamu perlu  bangun lebih pagi dan bersiap-siap dengan kameramu, inilah momen yang harus kamu dokumentasikan seperti yang dilakukan banyak orang saat melihat matahari terbit terjadi. Pemandangan matahari terbit begitu menakjubkan, kamu akan melihat dasar 

Bukit Nanggi yang dipenuhi awan putih, udara segar dan angin dingin sementara matahari yang indah mulai terbit dari sisi timur, kamu akan dapat melihat lautan biru dengan beberapa pulau kecil yang disebut Gili oleh penduduk Lombok. Setelah menikmati matahari terbit, sarapan pagi, saatnya berkemas  lalu kembali ke bawah. Biasanya banyak rombongan pendaki yang bertolak ke bawah mulai pukul 9 pagi, sehingga pada siang hari mereka akan mencapai dasar dan melanjutkan perjalanan kembali ke Mataram.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Menapaki Jalur Pendakian Bukit Nanggi Lombok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Dapatkan selalu update dari kami

* indicates required