Jalur Pendakian Bukit Pergasingan Lombok Bisa Jadi Alternatif Rinjani - Wisata Keluarga

Jalur Pendakian Bukit Pergasingan Lombok Bisa Jadi Alternatif Rinjani

Terletak dekat dengan Bali dengan alam yang indah, Lombok ternyata menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di Indonesia untuk tujuan wisata. Pulau ini terdiri dari tempat-tempat yang mengagumkan untuk dikunjungi, memiliki air terjun, pantai, jalur pendakian dan orang-orangnya sangat baik. Umumnya Lombok terkenal dengan Gunung Rinjani yang banyak dilalui oleh wisatawan sepanjang tahun. Ini adalah gunung tertinggi ketiga di Indonesia, jika kamu berencana untuk bepergian ke Lombok, jalur pendakian bukit pergasingan bisa menjadi salah satu agenda destinasi tujuanmu.

Pendakian bukit pergasingan Lomok, (dokumen wisata keluarga)
 

Salah satu hal yang harus Anda lakukan ketika mengunjungi Lombok adalah hiking. Karena Rinjani sangat terkenal dan diekspos oleh banyak wisatawan, maka pada postingan kali ini saya tidak akan menjelaskan tentang Rinjani, melainkan alternatif jalur pendakian selain Rinjani. Pilihan trekking lain yang cocok untuk dicoba adalah jalur pendakian Bukit Pergasingan. 

baca juga: Pilihan Jalur Pendakian di Lombok Selain Gunung Rinjani

Orang Lombok lebih suka menyebutnya bukit daripada gunung karena Rinjani sangat besar dan tertinggi sehingga gunung lain terlihat sangat kecil yang terletak dekat dengan Rinjani, jadi dalam posting ini saya akan menyebutnya Bukit Pergasingan seperti kata orang Lombok. Bukit Pergasingan terletak di desa Sembalun bagian dari Kabupaten Lombok Timur di Provinsi Nusa Tenggara Barat, dekat dengan Gunung Rinjani, memakan waktu sekitar tiga jam dari Mataram ke Desa Sembalun.


Langkah menuju Bukit Pergasingan

Tentunya kamu menginginkan perjalanan yang nyaman dan menyenangkan tanpa khawatir ketinggalan sesuatu untuk hiking, jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari panduan perjalanan dengan memakai jasa tour guide

Dengan membeli paket wisata lewat travel agent maka kamu tidak perlu membawa tenda sendiri, sleeping bag, peralatan masak, matras dan perlengkapan camping lainnya, semua sudah disediakan oleh pemandu wisata. Yang perlu dibawa adalah daypack, baju, sweater, celana panjang, kamera, sepatu atau sandal hiking, kaos kaki tebal, sarung tangan, kacamata matahari, makanan tambahan, obat-obatan pribadi jika diperlukan.

Pemandu akan menjemputmu ke bandara dan kemudian langsung membawa kamu ke Desa Sembalun, sehingga kamu perlu mengatur jadwal penerbangan sesuai dengan saran pemandu agar  waktu perjalananmu lebih efektif. Sebaiknya kamu mengatur jadwal kedatangan di bandara  sekitar jam 8 pagi, kemudian kamu bisa langsung berangkat pada hari yang sama ke desa Sembalun dengan ditemani oleh tour guide. 

baca juga: Pengalaman Terbang saat PPKM

Mungkin kamu akan tiba sekitar tengah hari di Desa Sembalun jika kamu memulai dengan jadwal kedatangan seperti itu. Pemandu akan meminta makan siang di restoran terdekat terlebih dahulu sebelum memasuki jalur pendakian.

Jalur Pendakian Bukit Pergasingan

Jalur pendakian bukit Pergasingan sebenarnya tidak terlalu sulit untuk didaki. Orang-orang menyebutnya soft trekking. Ketinggian Bukit Pergasingan sekitar 1.700 meter dari permukaan air laut. Seharusnya cukup dua jam untuk mencapai puncak Bukit Pergasingan. Beberapa botol air saat mendaki sudah cukup untukmu. Pada jalur pendakian bukit Pergasingan Lombok terdapat mata air di atasnya, mata air kecil namun terus mengalir. Beberapa program trekking mengharuskan pesertanya mendaki Bukit Pergasingan sebagai pemanasan sebelum mendaki Gunung Rinjani. Jalur pendakian Bukit Pergasingan sangat cocok untuk pemula.

baca juga: 4 Ide Game Kekompakan Team Indoor

Jalurnya sedikit terjal di awal, di kiri dan kanannya terdapat jurang dan tebing yang curam. Sambil berjalan kamu bisa melihat pemandangan indah Desa Sembalun yang penuh dengan hamparan sawah hijau. Jalur pendakian ini sebagian besar dipenuhi dengan pohon cemara dan ilalang. Jaga kebersihan lingkungan dan jangan buang sampah sembarangan tolong simpan sampahmu dan buang sampai menemukan tempat sampah. Anak muda Desa Sembalun sangat peduli dengan kebersihan Bukit Pergasingan dan jalur pendakian lainnya di sekitar Desa Sembalun. Mereka tergabung dalam sebuah organisasi bernama Sembalun Community Development Center (SCDC). Beberapa dari uang tiket masuk yang kamu bayar digunakan untuk menjaga lingkungan jalur pendakian ini dan menjaganya agar tetap hijau.

Keindahan alam bukit Pergasingan 

Sepanjang perjalanan menuju puncak Bukit Pergasingan, terdapat pemandangan indah kehidupan Desa Sembalun, persawahan di mana-mana dan kemudian setelah kamu mencapai puncak kamu akan merasakan betapa indahnya alam, seperti tempat tersembunyi yang menakjubkan.

Pemandu akan mendirikan tenda sehingga kamu dapat beristirahat, merasakan sensasi keindahan alam, dan menyantap beberapa makanan yang ada di dalam tasmu. Saat hari mulai gelap, jangan lewatkan untuk mengabadikan pemandangan matahari terbenam di sisi barat. 

baca juga: Ide Permainan Family Gathering untuk Dewasa

Matahari perlahan terbenam di balik pegunungan seolah mengucapkan selamat tinggal kepada kalian semua. Pagi-pagi pemandu akan membangunkanmu untuk melihat matahari terbit. Ini adalah momen paling favorit bagi semua pelancong yang datang ke Bukit Pergasingan. Kamu harus bersiap dengan kameramu, mencari posisi terbaik untuk mengabadikan momen matahari terbit. Sambil menikmati udara segar di pagi hari, matahari perlahan terbit dari sisi laut, warna biru laut dan langit perlahan semakin cerah dan awan putih di dasar Bukit Pergasingan perlahan menghilang.

Pemandu akan mengajakmu sarapan dan bersiap untuk mundur ke bawah setelah kamu merasa puas dengan pemandangan matahari terbit di pagi hari. Setelah kamu mencapai bagian bawah, pemandu akan membawamu kembali ke tujuan berikutnya. Kamu bisa meminta pemandu untuk membawamu ke hotel, bandara  atau lainnya sebagai tujuan berikutnya. 

baca juga: 4 Ide Games Kelompok Outdoor Tanpa Alat

Kamu pasti akan sangat lelah sehingga akan baik jika kamu menginap di hotel atau home stay selama satu malam di Mataram, menikmati kota dan mencoba beberapa makanan lokal, kemudian hari berikutnya kamu bisa pergi ke bandara untuk pulang atau ke tujuan lain di daftar petualanganmu.

Simpulan

Sebagai ringkasan kami dapat menyimpulkan bahwa kamu akan menghabiskan 3 hari 2 malam di Lombok, hari pertama adalah hari trekking, malam pertama berkemah di Bukit Sembalun, hari kedua dalam perjalanan ke Mataram dan menginap di hotel selama satu malam dan kemudian hari ketiga kembali ke rumah atau pergi ke tujuanmu berikutnya.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Jalur Pendakian Bukit Pergasingan Lombok Bisa Jadi Alternatif Rinjani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Dapatkan selalu update dari kami

* indicates required