Ide Permainan Family Gathering untuk Dewasa - Wisata Keluarga

Ide Permainan Family Gathering untuk Dewasa

Aktifitas wisata bersama keluarga sering sekali diadakan oleh kantor, instansi, perusahaan bahkan juga keluarga untuk menambah kehangatan sesama dalam bekerja atau berinteraksi sosial setiap hari. Salah satu kegiatan dalam Family Gathering, outbound atau semacamnya adalah membuat permainan-permainan untuk menimbulkan rasa kekompakan. Berikut ini beberapa ide permainan atau games yang bisa dijadikan referensi pada kegiatan family gathering untuk peserta dewasa. 

1. Lomba yel yel 

Deskripsi permainan:

Masing-masing kelompok diberi tugas untuk membuat yel-yel kelompok. Games ini merupakan tantangan awal disetiap kegiatan outbound.

Pelajaran :

Tantangan ini membangun komunikasi antar peserta dalam satu kelompok saat berdiskusi memikirkan rangkaian yel yel yang ingin ditampilkan. 

2. Magic Stick

Deskripsi permainan:
Permainan ini dilakukan secara berkelompok dengan jumlah 5 sampai 10 orang dalam satu kelompok. Masing-masing kelompok berdiri dan menyangga sebuah stik kayu dengan jari telunjuk  mereka. Tugas tiap kelompok adalah menurunkan stik tersebut agar turun hingga menyentuh tanah. Peralatan yang diperlukan hanya stik kayu dengan panjang dua meter. 

Pelajaran :

Ketika permainan  berlangsung  umumnya Stick yang mereka usahakan turun ke bawah malah semakin naik ke atas. Dalam permainan ini semua orang akan mengeluarkan pendapatnya, biarkan dinamika kelompok berjalan hingga akhirnya permainan ini dapat ditaklukkan jika tim kompak mengikuti satu komando dari salah satu diantara peserta group. 

Taktik untuk menaklukkan permainan ini adalah dengan fokus kepada dua orang paling ujung di sisi kiri dan kanan sebagai tumpuan utama, jari peserta lainnya cukup sekedar menyentuh dan mengikuti instruksi komando mengarahkan agar posisi mereka perlahan turun, turun dan semakin turun hingga stik menyentuh tanah. 

3. Ular Naga

Deskripsi permainan: 

Masing-masing peserta berjejer memegang pinggang teman didepan nya sehingga mereka membentuk formasi panjang mengular. Peserta paling depan adalah kepala, peserta pada posisi paling belakang adalah ekor dan semua yang berada di tengah adalah badan. Dua kelompok dihadapkan untuk berlomba. Bagian kepala harus bisa menangkap ekor dari lawan. Kelompok yang berhasil menangkap ekor lawan adalah pemenang. Permainan ular Naga berakhir setelah ada yang berhasil menangkap ekor tim lawan. 

Pelajaran :

Permainan ini melatih kekompakan, kerjasama dan kelincahan. 

4. Permainan Bakiak 

Deskripsi permainan:

Permainan Bakiak sudah tidak asing lagi untuk masyarakat umum di Indonesia. Permainan Bakiak berasal dari Sumatera Barat. Permainan berupa berjalan secara kelompok dengan menggunakan Bakiak. Bakiak sendiri dibuat berupa sendal dari bahan kayu dengan beberapa pengikat kaki. Biasanya 5 orang dalam satu bakiak. Setiap regu berjalan menggunakan bakiak beradu cepat menuju garis finish. 

Pelajaran :

Membangun kekompakan, keselarasan dan melatih untuk tidak egois dalam melangkah. 

5. Permainan Titanic (Kapal Tenggelam) 

Deskripsi permainan :

Masing-masing tim berdiri di belakang garis start. Kemudian untuk menuju garis finish mereka harus menginjak beberapa koran di depan hingga sampai ke garis finish, ukuran koran semakin mendekati garis finish ukurannya semakin kecil. Pada permainan ini peserta akan kesulitan membagi space untuk berdiri di koran yang sempit sehingga mereka berpegangan satu sama lain seolah berada dalam kapal yang hendak tenggelam. Peserta yang berhasil garis finish adalah pemenangnya. 

Pelajaran :

Membangun kekompakan, mengajak untuk berpikir strategis dan saling membantu antar sesama tim. 

Demikian 5 games untuk acara family gathering dewasa yang bisa Anda coba, kelima contoh diatas tidak membutuhkan bahan yang banyak sehingga cocok untuk dipilih sebagai permainan outbound bersama keluarga dengan biaya minim.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Ide Permainan Family Gathering untuk Dewasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Dapatkan selalu update dari kami

* indicates required