4 Ide Game Kekompakan Team Indoor - Wisata Keluarga

4 Ide Game Kekompakan Team Indoor

Aktifitas wisata, outbound ataupun pelatihan tentunya akan semakin seru jika dilengkapi dengan kegiatan games atau permainan. Games atau permainan umumnya dilakukan secara berkelompok atau regu untuk berbagai tujuan seperti mengasah kecerdasan, melatih motorik, serta menumbuhkan kekompakan sesama. 



Games kekompakan paling banyak dibutuhkan dalam pelaksanaan aktifitas wisata, outbound atau pelatihan. Games tidak selalu harus dilakukan di luar ruangan atau outdoor namun games juga sering dilakukan di dalam ruangan atau indoor. Umumnya aktifitas pelatihan dalam ruangan membutuhkan games indoor sebagai bahan untuk ice breaking atau pemecahan kejenuhan suasana. 

Jika kamu sedang mencari games kelompok indoor seru untuk kebutuhan pelatihan daftar berikut ini bisa menjadi referensi menarik untuk kamu coba. Berikut beberapa games kelompok indoor seru yang layak untuk kamu coba. 

Games Halo Hay

Games Halo Hay ini merupakan games awalan Pembuka untuk meregangkan suasana yang sudah semakin jenuh atu lelah disebabkan materi training yang membuat peserta ngantuk dan pusing. Aturan main sebagai berikut
Instruktur menyebut halo maka peserta membalas dengan menyebut hay kemudian sebaliknya jika instruktur menyebut hay maka peserta menyahut dengan menyebut halo. 

Misalnya 
Instruktur : halo 
Peserta : hay
Instruktur : halo halo hay
Peserta : hay hay halo

Jika ada peserta yang menyahut dengan ketentuan yang salah maka instruktur dapat memanggilnya kedepan dan memberi sanksi untuk menghibur peserta lainnya. Sanksi bisa beraneka ragam misalkan me minum jus wortel, bernyanyi, membaca puisi atau menyampaikan rangkuman materi yang telah dipelajari bersama. 

Tebak-tebakan

Games kekompakan indoor salah satunya adalah games tebak-tebakan. Peserta dibagi menjadi beberapa group atau perorangan juga boleh. Intruktur memberikan tebak-tebakan yang mengajak seluruh peserta untuk berpikir dan menebak. Tebak-tebakan ini bisa sifatnya fun, terkadang jawabannya diluar nalar alias out of the box. Berikut ini beberapa ide tebak-tebakan games kekompakan indoor.
1. Bumi kita bulat
Peserta diberitahu diawal bahwa clue atau petunjuk dari permainan ini adalah bumi kita bulat, kemeudian peserta diminta menebak pertanyaan seperti berikut
2+10+8= ... jawab: 3
10+10= ... jawab: 2
 
2. Tebak Gambar
Instruktur bisa membuat tebak-tebakan berupa tebak gambar. Misalnya instruktur membuat gambar telor , kemudian gambar mata dan gambar sapi. Selanjutnya peserta diminta menebak kalimat yang disampaikan gambar-gambar tersebut. Untuk contoh ini jawabannya adalah telor mata sapi. Kamu bisa berkreasi sendiri membuat gamabar untuk ditebak peserta.
 
3. Tebakan receh bikin ngakak untuk mencairkan suasana
Tebakan jenis ini bertujuan untuk mencairkan suasana dari kejenuhan dan memancing tawa para peserta kegiatan indoor. Beberapa tebak-tebakan receh bikin ngakak antara lain 
a. Hewan apa yang paling sederhana 
    Jawab : Ala kadalnya
B. Hewan apa yang paling hening 
    Jawab : semut 
C.  Penyanyi luar negeri yang suka sepedaan 
   Jawab : selena gowes 
Demikian beberapa contoh, kamu bisa cari diinternet untuk menemukan tebak-tebakan bikin ngakak lainnya. 

Tebak kata beregu 

Permainan tebak kata dilakukan secara berkelompok. Ketika bermain, salah satu dari peserta dalam kelompok diminta maju ke depan, kemudian memperagakan kata yang disebutkan instruktur  dengan gerak tubuh. Peserta lainnya diminta menebak kata yang dimaksud dari gerakan-geralan yang dipertunjukkan. Kata yang harus ditebak bisa berupa kata tunggal atau kalimat pendek. 

Instruktur bisa memberikan clue atau petunjuk kepada peserta  penebak. Instruktur melakukan kesepakatan diawal permainan mengenai jumlah suku kata tebakan, jumlah kesempatan menebak, dan lain sebagainya. Games kekompakan indoor menebak kata merupakan cara yang efektif untuk membuat peserta saling berkomunikasi. 
 

Apa Profesiku

Pada permainan ini, salah satu peserta diminta maju ke depan ruangan, kemudian menyiapkan satu nama profesi di dalam pikirannya. Selanjutnya peserta lain bertanya kepada dia yang berdiri di depan. Jawaban dari peserta yang berdiri di depan menjadi petunjuk bagi peserta lain dalam menebak profesi apa yang ada dipikiran peserta yang berdiri di depan. 

Kamu bisa mengganti jenis tebakan kata dalam permainan ini. Pada contoh tulisan ini adalah kata mengenai nama profesi, kamu bisa membuat jenis tebakan kata dalam kategori kesehatan, pendidikan, nama tokoh dan lain sebagainya.

Demikian beberapa games kekompakan indoor yang bisa kalian jadikan sebagai referensi dalam berbagai kegiatan indoor.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "4 Ide Game Kekompakan Team Indoor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Dapatkan selalu update dari kami

* indicates required