Pilihan Jalur Pendakian di Lombok Selain Gunung Rinjani - Wisata Keluarga

Pilihan Jalur Pendakian di Lombok Selain Gunung Rinjani

Selalu menarik untuk mengeksplorasi hal-hal baru di alam dunia. Mendaki gunung salah satu pilihan yang bisa Anda lakukan untuk menjelajahi dan menikmati alam. Ada banyak gunung di dunia, Indonesia adalah salah satu negara dengan banyak gunung yang bagus untuk dijelajahi. Pernahkah Anda mendengar tentang Bromo, Rinjani, Semeru, Kerinci, dan Jaya Wijaya? Itulah gunung-gunung yang bisa Anda temukan di Indonesia dan sangat terkenal di dunia, dijelajahi oleh banyak orang dari berbagai negara sepanjang tahun.

 

Pulau Lombok di mana kita bisa melihat Gunung Rinjani yang luar biasa menawarkan begitu banyak pemandangan yang indah. Jalur pendakian gunung Rinjani adalah salah satu yang paling populer dikalangan para pendaki. Rinjani bukan satu-satunya jalur pendakian yang ditawarkan Lombok, namun sebenarnya ada beberapa jalur lain untuk trekking. Kita harus mengakui bahwa Gunung Rinjani adalah yang paling populer di antara yang lain dan telah diekspos oleh banyak orang di seluruh dunia di situs web atau blog mereka, jadi mari kita cari tahu gunung lain yang menarik untuk didaki di Lombok selain Rinjani.

baca juga: Review Pemandangan Indah dari Hotel Aston Kupang

Bukit Nanggi

Jalur alternatif yang ditawarkan Lombok dan menjadi trending akhir-akhir ini adalah Bukit Nanggi. Bukit dalam bahasa Inggris artinya Bukit. Orang Lombok lebih suka menyebutnya bukit daripada gunung karena Rinjani sangat besar dan tertinggi sehingga gunung-gunung lain terlihat sangat kecil yang terletak dekat dengan Rinjani, jadi dalam posting ini saya akan menyebutnya Bukit Nanggi seperti kata orang Lombok.

Bukit Nanggi terletak di Desa Sembalun bagian dari Kabupaten Lombok Timur di Provinsi Nusa Tenggara Barat, di mana kita dapat menemukan Rinjani juga. Jaraknya sekitar 94 km dari Mataram ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat dan memakan waktu sekitar tiga jam dari Mataram ke Desa Sembalun.

Jalur pendakian Bukit Nanggi cukup keras dan menantang. Ketinggian Bukit Nanggi adalah 2.300 meter. Anda akan membutuhkan 4 hingga 6 jam untuk mencapai puncak Bukit Nanggi. Pastikan tim anda dapat mencapai puncak sebelum hari mulai gelap, karena pada malam hari akan sangat dingin dan anda akan kesulitan untuk mendirikan tenda, sehingga anda perlu menyiapkan jaket atau kain hangat di dalam ransel, ini akan sangat membantu pada malam hari . Kemudian kamu juga perlu menyiapkan jas hujan di tas sehingga tidak perlu khawatir jika hujan. Waktu terbaik untuk mendaki Bukit Nanggi adalah pada musim kemarau, yaitu sekitar bulan Maret hingga September.  

baca juga: Ide Permainan Family Gathering untuk Dewasa

Bukit Pergasingan

Pilihan trekking lain yang enak untuk dicoba adalah Bukit Pergasingan. Jalur pendakian Bukit Pergasingan terletak di desa Sembalun bagian dari Kabupaten Lombok Timur di Provinsi Nusa Tenggara Barat, dekat dengan Gunung Rinjani, memakan waktu sekitar tiga jam dari Mataram ke Desa Sembalun. Lokasinya berdekatan dengan Bukit Nanggi.

Bukit Pergasingan sebenarnya tidak terlalu sulit untuk didaki. Banyak orang menyebutnya jalur soft trekking. Ketinggian Bukit Pergasingan sekitar 1.700 meter. Seharusnya cukup dua jam untuk mencapai puncak Bukit Pergasingan. Kamu hanya perlu beberapa botol air saat mendaki. Ada mata air di atasnya, mata air kecil namun terus mengalir. Beberapa program trekking mengharuskan pesertanya mendaki Bukit Pergasingan terlebih dahulu  sebagai pemanasan sebelum mendaki Gunung Rinjani. 

Jalur pendakian Bukit Pergasingan sangat cocok untuk pemula. Ini juga cocok untuk keluarga dengan membawa anak remaja. Pastikan kamu dan semua orang yang ingin melakukan trekking berada dalam kondisi kesehatan yang baik, namun meski disebut soft trekking tetap saja  tidak disarankan bagi kamu yang memiliki penyakit berat seperti hipertensi, jantung koroner, gejala vertigo, sesak napas dan penyakit berat lainnya untuk mengikuti trekking. 

Bukit Nanggi dan Pergasingan adalah dua bukit yang sangat cocok untuk kamu coba sebagai pilihan jalur pendakian selain jalur pendakian gunung Rinjani.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Pilihan Jalur Pendakian di Lombok Selain Gunung Rinjani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Dapatkan selalu update dari kami

* indicates required