Tujuan Outbound Bagi Siswa, Ayo Ketahui! - Wisata Keluarga

Tujuan Outbound Bagi Siswa, Ayo Ketahui!

Outbound merupakan kegiatan di luar ruangan yang sangat menyenangkan. Banyak orang menjadikan kegiatan outbound sebagai bagian dari agenda pelatihan atau training bahkan pembelajaran. Sekarang ini banyak sekolah yang memanfaatkan kegiatan outbound sebagai bagian dari media pembelajaran bagi siswa. Tidak heran jika sekarang ini banyak sekolah membuat lokasi outbound atau pun alat-alat serta sarana permainan-permainan outbound di lingkungan sekolah. 

baca juga: Ide Permainan Family Gathering untuk Dewasa

Umumnya outbound di Indonesia dimanfaatkan sebagai sarana metode pelatihan manajemen individu atau kelompok dengan media alam terbuka, tentunya kegiatan outbound diisi dengan games-games interaktif yang sifatnya stimulatif, berstruktur dan ada penilaian untuk mengembangkan skill tertentu yang tujuan utamanya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Outbound sekolah SMK IT Marinah Al-Hidayah Medan

Pada perkembangannya, anak mengalami beberapa tahap perkembangan. Demi tercipta utuhnya perkembangan anak, maka kegiatan yang sifatnya membangun sangat diperlukan. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan, yaitu kegiatan Outbound. Ada banyak tujuan outbound bagi siswa di sekolah. Berikut ini beberapa hal manfaat dari outbound untuk siswa di sekolah.

1. Meningkatkan kemampuan sosial siswa

Saat melakukan permainan outbound siswa akan berinteraksi satu sama lain , dinamika permainan outbound yang dirancang untuk membangun kekompakan tim akan membagung komunikasi sosial diantara siswa dalam kelompoknya

2. Melatih kecerdasan emosional siswa

Menurut Golomen (2005:521) kecerdasan emosi merujuk kepada kemampuan mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, dan kemampuan mengelola emosi baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain.

Kecerdasan emosi mencakup kemampuan-kemampuan yang berbeda, tetapi saling melengkapi.

Sedangkan menurut Mashar (2011 : 60) kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali, mengolah, dan mengontrol emosi agar anak mampu merespon secara positif setiap kondisi yang merangsang munculnya emosi-emosi ini. Dengan mengajari anak-anak keterampilan emosi dan sosial, mereka akan lebih mampu untuk mengatasi berbagai masalah yang timbul selama proses perkembangannya menuju manusia dewasa.

baca juga: 4 Ide Game Kekompakan Team Indoor

Kegiatan outbound dalam melatih kecerdasan emosional anak telah teruji. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa 75% siswa meningkat kecerdasan emosionalnya setelah mengikuti permainan outbound. Permainan yang dijadikan dalam penelitian tersebut adalah permaian halang rintang.

3. Meningkatkan kepercayaan diri siswa

Outbound mampu mengasah kepercayaan diri siswa. Dalam permainan outbound semua peserta terlibat aktif sehingga kepercayaan diri masing-masing siswa mulai meningkat. Permainan-permainan outbound yang sederhana dan bisa dilakukan oleh semua orang membuat siswa percaya diri untuk melakukannya.

Games seperti menyeberangi kubangan lumpur melalui tali melatih kepercayaan diri serta keberanian siswa.

4. Melatih kerjasama

Salah satu jenis permainan outbound yang paling banyak adalah games jenis melatih kerjasama atau kekompakan. Melalui games-games kekompakan outdoor akan melatih kerja tim dan kekompakan siswa. Untuk itu pelatih atau guru perlu memikirkan games yang cocok untuk melatih kerja sama bagi siswa.

6. Melatih perkembangan motorik kasar

Permainan yang lucu, menarik dan menyenangkan membuat anak tertarik untuk mengikuti dan melakukannya. Permainan ini menjadi wadah yang mampu melatih gerak/motorik kasar pada siswa. Outbound dengan tujuan ini biasanya diperuntukkan bagi anak sekolah usia dini.

Kegiatan yang mampu meningkatkan atau menghidupkan motorik kasar pada anak antara lain berjalan, berlari, melempar, menendang maupun melompat. Bentuk kegiatan demikian mampu memacu otot-otot pada anak.

7. Mengasah ketangkasan memecahkan masalah

Mengasah kemampuan memecahkan masalah merupakan salah satu tujuan outbound bagi siswa. Permainan outbound bisa mengasah daya imajinasi, serta insting dari siswa dalam menyelesaikan masalah. Permainan outbound seperti menjatuhkan telur dari ketinggian tanpa telur pecah mengasah kemampuan siswa untuk mencari solusi agar saat dijatuhkan telur tidak pecah.

8. Meningkatkan kemandirian siswa

Saat permainan berlangsung,siswa diminta langsung mengerjakan aturan games. Dengan demikian masing-masing siswa akan berusaha untuk menyelesaikan permainan secara mandiri. Secara tidak langsung siswa telah terlatih untuk melakukan segala sesuatunya secara mandiri.

baca juga: 4 Ide Games Kelompok Outdoor Tanpa Alat

Poin kemandirian merupakan salah satu tujuan outbound bagi siswa yang harus dirancang di dalam setiap kegiatan outbound. Pemilihan jenis permainan yang tepat akan menentukan keberhasilan dalam menumbuhkan kemandirian siswa.

Demikian delapan tujuan outbound bagi siswa. Permainan outbound yang menyenagkan terbukti bermanfaat bagi perkembangan siswa dan pembentukan karakter siswa. Outbund kini menjadi sarana pembelajaran yang dapat diterapkan dalam aktifitas pendidikan.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Tujuan Outbound Bagi Siswa, Ayo Ketahui!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Dapatkan selalu update dari kami

* indicates required