Pengalaman Liburan ke Danau Toba dan Menginap di pulau Samosir - Wisata Keluarga

Pengalaman Liburan ke Danau Toba dan Menginap di pulau Samosir

Danau Toba adalah salah satu objek wisata yang sangat terkenal di Indonesia. Danau ini sangat terkenal baik di dalam negeri maupun luar negeri. Penulis Wisata Keluarga akhirnya punya juga pengalaman mengunjungi objek wisata ini. Pada catatan wisata kali ini saya akan coba menguraikan pengalaman mengunjungi danau Toba yang sangat indah. Pengalaman ini semoga bermanfaat buat kalian yang juga berencana ingin mengunjungi Danau Toba suatu saat. 

Pemandangan Danau Toba dari Kapal Ferry saat berlayar
 baca juga: Central Park Zoo & Resort Medan: Harga Tiket Masuk dan Penginapan

Sedikit overview mengenai letak Danau Toba. Danau Toba berada di Provinsi Sumatera Utara. Danau Toba ini sangat luas, lokasinya berada dikelilingi oleh 7 kabupaten yakni Simalungung, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Samosir. 

baca juga: Kolam Renang Pondok Cabe Medan : Review, Alamat dan Harga Tiket Masuk

Pilihan Penerbangan dari Jakarta ke Danau Toba.

Mengawali perjalanan dari Jakarta, hal pertama yang perlu diketahui adalah penerbangan menuju Sumatera Utara. Untuk tujuan danau Toba kamu sebenarnya bisa menggunakan pesawat dari Soekarno Hatta dengan tujuan Bandara Silangit. Ada pesawat Citilink dan Batik Air yang melayani penerbangan dari Soetta ke Silangit. Dari Silangit menghabiskan waktu dua jam menuju Parapat Kabupaten Simalungun, tempat pelabuhan menuju pulau Samosir berada. Dari parapat sendiri kamu sudah bisa menyentuh air danau Toba dan mencari penginapan disana. 

baca juga: Kolam Renang Citra Garden Medan: Harga Tiket Masuk dan Alamat

Namun perjalanan saya kali ini tidak melalui Silangit, melainkan saya dari Soetta menuju Kualanamu Medan. Saya singgah di Medan dulu untuk menyelesaikan tugas pekerjaan. Setelah menghabiskan waktu satu malam di Medan kami lanjut menuju Parapat. Pada perjalanan liburan ini kami telah merencanakan menginap di sebuah Villa di Pulau Samosir. 

baca juga: Kebun Raya Sipirok, Wisata Baru di Tapanuli Selatan

Medan Ke Danau Toba Berapa Jam ?

Medan ke Danau Toba berapa jam ? pertanyaan ini sangat sering sekali ditanyakan. Berdasarkan pengalaman saya Medan ke Danau Toba bisa ditempuh selama 4 jam dengan kecepatan 60-80 km per jam dan berhenti beberapa kali untuk makan siang, sholat dan isi bensin. Dari Medan sudah ada jalan tol yang tembus langsung hingga ke Tebing. Dari Medan ke Danau Toba ada beberapa pilihan transportasi. Transportasi dari Medan ke Danau Toba, bisa menggunakan travel antar kabupaten kota. BIsa juga dengan menyewa mobil atau penyedia paket tour Medan-Danau Toba. Jika berpetualang menggunakan angkutan travel umum, ongkos dari Medan ke Parapat adalah 60.000, jika menggunakan jasa tour tentunya harganya bervariasi., tergantung vendor yang menyediakan paket tour.  

Dari tebing ke Parapat menggunakan jalan lintas provinsi. Perjalanan yang melelahkan namun semuanya akan terbayarkan ketika kami semakin dekat dengan danau Toba. Dari Parapat sudah terlihat hamparan danau Toba yang luas. 

Kami segera menuju pelabuhan Ajibata di Parapat untuk membeli tiket kapal ferry untuk menyebrang ke pulau Samosir. Kami mengeluarkan uang sebesar 168.000 untuk pembelian tiket dengan komponen 4 orang termasuk mobil yang kami bawa menyeberang. Saya tidak sempat menanyakan rinciannya sebab sudah terburu-buru. 

Jadwal Penyeberangan Kapal Ferry ke Pulau Samosir.

Penting banget buat kamu yang ingin menyeberang ke pulau Samosir untuk mengetahui jadwal keberangkatan ferry. Dari pelabuhan Ajibata di Parapat menuju Pelabuhan Ambarita di Samosir atau sebaliknya memiliki jadwal sebagaimana dijelaskan pada gambar berikut.


Jadwal keberangkatan kapal Ferry Ajibata - Ambarita
Senin- Kamis
Trip 1 : 07.30
Trip 2 : 10.00
Trip 3 : 12.30
Trip 4 : 15.00
Trip 5 : 17.30

Jum'at
Trip 1 : 07.30
Trip 2 : 10.00
Trip 3 : 12.30
Trip 4 : 15.00
Trip 5 : 17.30
Trip 6 : 20.00

Sabtu
Trip 1 : 07.30
Trip 2 : 10.00
Trip 3 : 12.30
Trip 4 : 15.00
Trip 5 : 17.30
Trip 6 : 20.00
Trip 7 : 22.30

Minggu
Trip 1 : 08.45
Trip 2 : 11.15
Trip 3 : 13.45
Trip 4 : 16.15
Trip 5 : 18.45
Trip 6 : 21.15

Jadwal keberangkatan ferry Ambarita - Ajibata

Senin - Kamis
Jadwal Ambarita - Ajibata
Trip 1 : 08.45
Trip 2 : 11.15
Trip 3 : 13.45
Trip 4 : 16.15
Trip 5 : 18.45

Jumat
Trip 1 : 08.45
Trip 2 : 11.15
Trip 3 : 13.45
Trip 4 : 16.15
Trip 5 : 18.45
Trip 6 : 21.15

Sabtu
Trip 1 : 08.45
Trip 2 : 11.15
Trip 3 : 13.45
Trip 4 : 16.15
Trip 5 : 18.45
Trip 6 : 21.15

Minggu
Trip 1 : 07.30
Trip 2 : 10.00
Trip 3 : 12.30
Trip 4 : 15.00
Trip 5 : 17.30
Trip 6 : 20.00
Trip 7 : 22.30

Kami memilih menyeberang dengan kapal Ferry Ihan Batak dari pelabuhan Ajibata di Parapat sesuai jadwal pada hari Jumat pukul 17.30 WIB.

baca juga:

Menikmati Pemandangan saat naik Ferry ke Pulau Samosir

Perjalanan menyeberangi kapal ferry kami lalui selama kurang lebih 45 menit. Selama berada di dalam feri menuju pulau Samosir di seberang kami menikmati pemandangan indahnya pegunungan dengan pohon-pohon pinus di tepi danau Toba, indahnya matahari yang mulai tenggelam menjelang malam dan air danau yang tenang seolah menyambut kedatangan wisatawan.  

Ferry dari Pelabuhan Ajibata menuju Pelabuhan Ambarita

baca juga: Wisata AekSabaon Sibio-bio, Pilihan Baru Wisata Keluarga di Tabagsel

Sesampainya di pulau samosir kami melanjutkan perjalanan dengan mobil yang kami bawa menuju sebuah cottage yang keren banget, lokasinya berada di tepi danau Toba. Dari Cottage ini bisa langsung mandi di Danau Toba. Nama penginapan tersebut adalah Samosir Villa Resort. Harga Samosir Villa Resort dengan tipe superior berada di harga Rp550.000 per malam.  Kami mengambil empat kamar dengan tipe superior.

Samosir Villa Resort

Bisa berenang langsung dari tepi cottage.

Kenampakan alam danau toba menjelang malam dari Samosir Villa Resort
Dari Cottage ini kami benar-benar dimanjakan dengan pemandangan danau Toba yang indah. Terdapat pula tempat berenang di danau di tepi cottage. Disana kamu bisa bersantai duduk atau nyebur berenang di danau. Pemandangan menjelang malam sangat indah dari Cottage ini. Kami hanya menginap satu malam disini. Keesokan hari kami bertolak ke Jakarta melalui bandara Silangit. Kami ke Bandara Silangit melalui jalur barat alias tidak nyebrang ke parapat. Butuh waktu kurang lebih 3 jam dari Samosir ke Silangit melalui jalur darat di sisi barat.  Sepanjang perjalanan menuju bandara Silangit, kami menyempatkan berhenti untuk berfoto di beberapa lokasi dengan pemandangan indah. Termasuk di penatapan bukit tele.

Tips Mengunjungi Danau Toba

Dari pengalaman yang saya rasakan ada beberapa hal yang menjadi catatan saya yang bisa jadi tips buat para traveler yang ingin berkunjung ke Danau Toba.  

1. Gunakan jasa tour yang memang sudah menyediakan mobil sehingga kamu tidak pusing memikirkan transportasi.

2. Nyari hotel, cottage atau villa di pinggir danau biar makin enjoy.

3. Buat muslim Traveler, makanan halal bisa kamu dapatkan juga di pulau Samosir. Disana juga ada gerai ritel untuk memenuhi kebutuhanmu. Sebaiknya jangan berkunjung hari jum'at, soalnya lokasi sholat Jum'at lumayan jauh. 

Demikian review perjalanan liburan ke Danau Toba, jika kalian ingin menanyakan lebih banyak hal silahkan saja, bisa lewat kolom komentar atau email ke aamat email yang ada di halaman contact.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Pengalaman Liburan ke Danau Toba dan Menginap di pulau Samosir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Dapatkan selalu update dari kami

* indicates required