Pantai Gandoriah, Wisata Keluarga di Kota Pariaman - Wisata Keluarga

Pantai Gandoriah, Wisata Keluarga di Kota Pariaman

Berlibur bersama keluarga bisa dilakukan di berbagai pilihan objek wisata. Objek wisata berupa pantai salah satu pilihan yang bagus. Banyak hal yang bisa dilakukan di pantai, seperti bermain pasir, berenang di tepi pantai, main bola, bahkan main layangan juga sangat asyik di pantai mengingat anginnya yang kencang. Kamu juga bisa sekedar berjemur dengan menggelar tikar, sambil memandang keindahan lautan yang luas. Banyak kalangan masyarakat yang datang ke pantai bahkan bukan untuk berenang tetapi makan-makan sambil membawa peralatan dari rumah atau barbequean. 

Pnatai Gandoriah Pariaman
foto: ig @dispar.sumbar

 baca juga: Waterland Tamora: Jam buka, Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Ngomongin pantai di Indonesia tidak ada habisnya, negara kepulauan seperti Indonesia memiliki banyak sekali pulau sehingga sangat banyak pantai di temukan. Salah satu pantai dari barat Indonesia akan kita ulas pada catatan kali ini, yaitu pantai Gandoriah Pariaman.

Deskripsi Pantai Gandoriah Pariaman

Pantai Gandoriah terletak di kota Pariaman. Kota Pariaman merupakan kota kecil yang dikelilingi oleh Kabupaten Padang Pariaman. Pantai indah ini menawarkan panorama alam berupa deretan pulau-pulau kecil dan hamparan laut luas yang mempesona.      

baca juga: Pengalaman Liburan ke Danau Toba dan Menginap di pulau Samosir

Nama Gondariah sendiri berasal dari nama tokoh dalam cerita rakyat di Sumatera Barat. Cerita yang berkisah tentang kisah cinta seorang gadis bernama Puti Gondariah dengan kekasihnya Nan Tongga. Diceritakan cinta keduanya kandas setelah belakangan diketahui kalau mereka adalah saudara sepersusuan sehingga tidak bisa menikah. Nama Gondariah lantas dijadikan nama pantai yang berlokasi di kota Pariaman ini oleh Bupati Zainal Bakar (1990-1994).

baca juga: Jalur Pendakian Bukit Pergasingan Lombok Bisa Jadi Alternatif Rinjani

Alamat Pantai Gandoriah

Lokasi pantai Gandoriah berjarak sejauh 100 meter saja dari pusat kota Pariaman, sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan pantai ini. Jalanan menuju pantai juga mudah untuk dilalui, apapun jenis kendaraannya baik motor, mobil atau bus wisata bisa menjangkau lokasi pantai dengan cukup mudah.

Akses jalan ke Pantai Gandoriah

Ada dua alternatif transportasi yang bisa kamu gunakan yaitu pertama jalan darat dengan berkendaraan bermotor atau mobil dan pilihan kedua kamu bisa menggunakan kereta api dan turun di stasiun Pariaman. Stasiun kereta sangat dekat dari lokasi pantai Gandoriah.  

baca juga: Review Hotel Sheraton Mustika Resort & Spa Yogyakarta

Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi akses ke lokasi dari arah Pada Pauah Kamba, jalan terus ke arah simpang Tabuik. Kemudian terus berjalan lurus melewati pasa rakyat kota Pariaman, disana Anda akan menemukan pertigaan, silahkan ambil ke kiri dan berjalan sekitar 50-100 meter, kemudian ambil kanan dan berjalan melintasi rel kereta, kemudian teruskan berjalan lurus dan belok kanan, Anda telah berada di kawasan pantai Gandoriah. 

Harga Tiket Masuk Pantai Gandoriah

Untuk memasuki kawasan pantai dipungut biaya sebesar Rp.5000 per orang. Harga ini termasuk murah dan sangat terjangkau. Oleh sebab itu pantai Gandoriah menjadi primadona tujuan wisata keluarga khususnya masyarakat lokal di daerah Pariaman dan Padang. 

Fasilitas Apa saja yang ada di pantai Gandoriah?

Sebagai pantai yang sudah dikelola dengan tujuan wisata, pantai Gandoriah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung. Fasilitas apa saja yang ada di Pantai Gandoriah ?, Yuk cek satu persatu.

Parkir

Pertama adalah lahan parkir, pantai Gandoriah dilengkapi dengan lahan parkir yang luas. Tarifnya juga termasuk normal, untuk mobil hanya bayar parkir  Rp5.000 sedangkan sepeda motor Rp3.000. Kamu tidak perlu bayar apa-apa lagi selain bayar parkir jika hanya datang untuk melihat-lihat pemandangan saja.

Toilet dan Kamar Bilas

Fasilitas yang tak kalah penting untuk setiap objek wisata pantai adalah toilet dan kamar bilas selepas bermain atau berenang. Di pantai Gandoriah terdapat toilet dan kamar bilas. Kamu cuma bayar 5.000 untuk mandi air bersih di kamar bilas. Ini termasuk harga normal untuk objek wisata. 

baca juga: Harga Tiket Flora Wisata San Terra Pujon Malang, Murah dan Menyenangkan

Wahana Permainan dan Spot Foto

Di lokasi pantai Gandoriah terdapat wahana aktivitas seperti tempat bermain skateboard, kemudian wahana permainan anak seperti mobil remot, odong-odong, dan lainnya. Terdapat payung-payung pantai dan kursi, dari pantai ini kamu juga bisa menjelajah laut dengan kapal menuju pulau-pulau di dekat pantai, seperti pulau Angso duo. 

baca juga: Review Hotel 101 Surken Bogor, Dekat Berbagai Lokasi Kuliner

Untuk berfoto ada banyak pilihan spot, antara lain tulisan iconic Pantai Gandoriah, kemudian ada monumen perjuangan TNI angkatan laut Kota Pariaman. Keindahan pantai Gandoriah tentunya menjadi spot foto terbaik. 

Penginapan dekat pantai Gandoriah

Jika kamu ingin berlibur ke pantai Gandoriah, mungkin kami akan butuh penginapan. Berikut ini beberapa pilihan penginapan dekat pantai Gandoriah.  

baca juga: 7 Curug Sentul yang Mudah diakses, Cocok buat Liburan bareng Sahabat

Nan Tongga Beach

Nan Tongga Beach merupakan hotel yang beralamat di jalan Tugu Perjuangan 45 Pariaman. Hotel ini berada sangat dekat dengan pantai Gandoriah Pariaman. 

Hotel Al Madinah

Hotel lainnya yang bisa menjadi opsi untuk menginap di sekitar pantai Gandoriah adalah hotel Al Madinah. Hotel ini dekat dengan beberapa objek wisata di Pariaman.

baca juga: Review Villa Kebunsu Bogor, Cocok Untuk Liburan Keluarga Besar dan Rombongan

Secara keseluruhan, dipandang dari sisi harga, fasilitas, dan keindahan alam yang ditawarkan, pantai Gandoriah sangat ramah di kantong dan ramah untuk keluarga yang ingin berlibur. Tantangan bagi pengelola wisata sepertinya adalah menjaga dan menyadarkan masyarakat agar tidak merusak dan membuat kotor daerah pantai beserta seluruh infrastrukturnya. Yuk sama-sama kita jaga keindahan dan kelengkapan fasilitas.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Pantai Gandoriah, Wisata Keluarga di Kota Pariaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Dapatkan selalu update dari kami

* indicates required