7 Curug Sentul yang Mudah diakses, Cocok buat Liburan bareng Sahabat - Wisata Keluarga

7 Curug Sentul yang Mudah diakses, Cocok buat Liburan bareng Sahabat

Curug sentul atau air terjun di daerah Sentul Bogor kian digemari masyarakat untuk mengisi liburan, khususnya warga ibu kota. Hal ini dikarenakan selain tidak sulit untuk diakses, biaya yang dikeluarkan pun tidak mahal. Ada banyak sekali curug di sentul yang bisa jadi destinasi liburanmu bersama keluarga. Sebagai awalan ada baiknya kamu memulai dengan mengunjungi curug yang mudah diakses. Apalagi jika kamu berwisata bersama keluarga, tentunya akses yang mudah akan memperlancar agenda wisatamu.

baca juga: Harga Tiket Flora Wisata San Terra Pujon Malang, Murah dan Menyenangkan

Berikut ini tujuh daftar curug sentul dengan akses yang relatif mudah untuk dijangkau, cocok untuk kamu masukkan dalam daftar destinasi liburanmu bersama keluarga. Yuk lihat ada apa saja!

Curug Bidadari Sentul Paradise Park

Curug Bidadari berlokasi kurang lebih sekitar 20 km dari pintu keluar tol. Lokasi jalanan memang bukan jalan besar tetapi jalan aspal dan masih memungkinkan untuk diakses. Lokasi wisata ini juga dekat pemukiman warga, bukan tempat yang tersembunyi.

Curug Bidadari
image credit ig:@mhd_ferryzal

Jika kita merujuk pada google map, terlihat bahwa jalanan menuju lokasi ini telah ternavigasi dengan baik. Curug bidadari dikelola oleh Sentul Paradise Park, sehingga lokasi curug sudah lebih terawat.

baca juga: Lokasi dan Harga Tiket Masuk Taman Herbal Insani Depok

Harga tiket masuk ke dalam lokasi wisata ini adalah Rp25.000 di hari biasa dan Rp30.000 saat hari libur. Curug bidadari memiliki ketinggian sekitar 40 hingga 75 meter dengan lebar kurang lebih 6 meter. Air terjun akan terlihat semakin indah saat sehari atau dua hari selesai hujan. Airnya jernih dan sangat bagus untuk berfoto-foto.

Curug Sentul- Curug Leuwi Asih

Lokasi wisata curug Leuwi Asih sangat mudah dijangkau. Posisinya berada sekitar enam kilo meter dari lokasi wisata Jungle Land Sentul yang populer dikalangan masyarakat. Secara geografis curug ini berlokasi di Kampung Wangun Landeuh Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

baca juga: Review Lokasi dan Harga Tiket Masuk Kolam Bumi Wiyata Depok

Lokasi curug sekitar 400 meter dari jalan raya. Kamu harus melewati gang-gang perumahan penduduk untuk bisa sampai ke Curug ini. Motor bisa kamu parkirkan di dekat Curug, sementara mobil parkirnya agak jauh sedikit dari curug. 

Curug Leuwi Asih
Foto: ig @i_maryoko
Harga tiket masuk Curug Leuwi Asih adalah Rp15.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak. Sedangkan biaya parkir dikenakan Rp5.000 untuk motor atau kendaraan roda dua dan Rp10.000 untuk mobil. 

Curug Hordeng

Curug Hordeng merupakan salah satu Curug yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan untuk melakukan aktivitas liburan. Meski disebut mudah dijangkau, jalanan menuju Curug sangatlah pas-pasan, hanya cukup untuk dia mobil berpapasan. Hampir semua Curug memiliki kondisi jalan yang demikian. 

Curug Hordeng
foto: ig @budichexo
Curug Hordeng berlokasi di jalan Gunungmawung, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Jarak dari parkiran menuju curug masih berjarak sekitar 2 km atau sekitar 40 menit berjalan kaki. Curug ini lebih cocok untuk kamu yang hobi petualang bersama sahabat atau komunitas. 

baca juga: Review Staycation di Amanuba Hotel & Resort Rancamaya Bogor

Curug Hordeng berada di ketinggian 720 MDPL. Hordeng dalam bahasa Sunda artinya adalah tirai. Disebut Curug Hordeng karena bentuknya seperti tirai. Air Curug sangat dingin dan segar sekali.

Curug Putri Kencana

Curug sentul lainnya yang relatif mudah untuk dijangkau adalah curug Putri Kencana. Curug Putri Kencana berlokasi di desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 16810. Masuk ke kawasan curug ini dikenakan biaya masuk Rp25.000 per orang. Parkir mobil dan motor juga dikenakan biaya, untuk mobil Rp20.000 dan motor Rp10.000. Dari lokasi parkir Anda harus berjalan sekitar 500 meter jauhnya untuk mencapai Curug Putri Kencana. Biaya parkir ini terbilang mahal menurut sebagian kalangan yang terbiasa mereview lokasi wisata Curug di Sentul.

Curug Putri Kencana
Foto: ig @shabri_1147

 baca juga: Jalur Pendakian Bukit Pergasingan Lombok Bisa Jadi Alternatif Rinjani

Trekking singkat sepanjang 500 meter tidak akan terlalu berat, apalagi disuguhi pamandangan perkampungan warga dan hamparan sawah yang hijau dan menyejukkan pandangan mata. Curug ini memiliki kedalam hingga 9 meter, jadi selalu waspada saat bermain air di Curug ya. Lingkungan sekitar Curug termasuk bersih. Di lokasi curug terdapat penjual makanan, jadi kamu yang merasa lapar sehabis berenang tidak akan kesulitan menemukan makanan untuk dicemil.

Curug Leuwi Hejo

Curug berikutnya adalah Curug Leuwi Hejo. Curug ini berlokasi di Jalan raya, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16830. Harga tiket masuk curug Leuwi Hejo adalah 25.000 per orang diluar biaya parkir. Lokasi parkir lumayan luas, namun untuk mencapai lokasi curug, kamu perlu melakukan trekking dari pintu masuk ke lokasi curug, trekkingnya bisa memakan waktu satu jam dari parkiran. Lumayan buat olahraga sebelum berenang di curug.  

Curug Leuwi Hejo.
Foto : ig @dhaniswara.24

 baca juga: Wisata AekSabaon Sibio-bio, Pilihan Baru Wisata Keluarga di Tabagsel

Kamu tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal makanan, sebab sepanjang perjalanan trekking menuju curug terdapat banyak penjual makanan, termasuk di lokasi curug Leuwi Hejo sendiri. Di sekitar Curug Leuwi Hejo terdapat curug-curug kecil lainnya yang juga bagus serta menyenangkan, namun kamu harus membayar setiap kali masuk ke curug berbeda, hal ini cukup menjengkelkan bagi para wisatawan. Pengelolaan curug ini masih perlu ditingkatkan agar terhindar dari pungutan liar yang mengakibatkan review negatif dari para pengunjung.

Curug Ciburial

Curug Ciburial berlokasi di Jl. Gunung Wangun Kampung Cibereum, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Harga tiket masuk ke curug Ciburial adalah Rp20.000, untuk parkir motor Rp5000 dan mobil Rp10.000. Menuju Curug ini Anda harus trekking dulu sekitar 45 menit hingga 1 jam. Curug ini memang lebih cocok untuk kalian yang ingin berwisata alam bersama komunitas, sahabat atau kelompok organisasi. 

Curug Ciburial
Foto: ig @idhayhidayat

baca juga: 4 Ide Game Kekompakan Team Indoor

Airnya sangat jernih dengan kedalaman kurang lebih 5 meter, terdapat bebatuan besar di sekitar curug Ciburial. Siapkan kameramu untuk mengabadikan momen-momen saat trekking menuju curug dan saat menikmati dinginnya curug Ciburial. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan menyejukkan mata.

Curug Cibaliung

Rangkaian curug Sentul terakhir yang bisa kamu jadikan sebagai tempat healing bersama komunitasmu adalah curug Cibaliung.  Curug ini berlokasi di Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810.

 baca juga: Fasilitas dan Tiket Masuk Wisata Kebun Gowa

Curug Cibaliung merupakan bagian dari rentetan curug yang ada di Leuwi Hejo, namun curug ini adalah yang paling jernih disebabkan lokasinya paling tinggi. Dari lokasi parkiran menuju Curug Cibaliung kamu masih harus menempuh jarak sekitar 45 menit hingga satu jam jika berjalan santai menyusuri hutan hingga bertemu curug Cibaliung. Jika kamu masih baru dengan tempat ini, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan jasa tour guide atau penyedia paket tour trekking di curug Cibaliung. Jalanannya sangat menantang, banyak jalan menanjak yang akan kamu lalui sepanjang perjalanan trekking menuju Curug ini. 

Curug Cibaliung
Foto: ig @bayuadjie11
baca juga: Mudah Banget! Begini Rute Devoyage Bogor dari Stasiun Bogor

Demikian review 7 curug Sentul yang bisa kamu pertimbangkan sebagai salah satu destinasi liburan akhir pekanmu. Pastikan kamu selalu dalam kondisi fit saat berkunjung ke curug, sebab kebanyakan curug harus ditempuh dengan berjalan kaki. Jangan lupa untuk selalu menjaga tata krama, sopan santun, dan jangan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas di daerah wisata yang kita kunjungi. Jangan lupa utamakan selalu keselamatan.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "7 Curug Sentul yang Mudah diakses, Cocok buat Liburan bareng Sahabat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Dapatkan selalu update dari kami

* indicates required